Select Page

Cara Membuat Goal dan Resolusi Tahun Baru yang SMART

Waktu membaca : 3 menit

ila kamu seorang profesional mandiri yang sibuk atau seorang wirausaha yang melakukan ribuan hal dalam satu waktu, pasti sangat sulit untuk ingat bahwa kamu perlu santai dan sedikit rileks. Namun amatlah penting untuk memikirkan apa yang bekerja dengan baik, apa yang bisa dikembangkan, dan apa yang mau diraih. Tinggalkan to-do list dan luangkan waktu untuk fokus pada gambaran besar strategi yang akan memajukan bisnismu.
Daripada hanya memiliki ide akan apa yang kamu raih secara umum – seperti meraih profit atau launching produk baru – pikirkan satu goal spesifik yang bisa kamu raih. Persiapkan dirimu untuk sukses dengan goal yang SMART. SMART sendiri merupakan akronim dari specific, measurable, attainable, relevant, and time-based (spesifik, dapat diukur, dapat diraih, relevan, dan ada tenggat waktu). Inilah semua yang kamu perlu tahu untuk mempersiapkan goal SMART bagi bisnismu!

Goal yang kamu miliki harus spesifik

Langkah pertamamu adalah tahu benar apa yang kamu inginkan secara jelas dengan menentukan goalmu. Jangan katakan bahwa goalmu adalah untuk fokus pada branding karena itu terlalu luas. Saat kamu lebih spesifik, goal tersebut bisa jadi mendesain logo, membangun website brand, atau membuat kartu nama yang kamu begitu bangga menyerahkannya di acara networking. Bila goalmu adalah memperkuat atau memulai marketing media sosial, tentukan fokusnya mau apa. Pilihannya banyak, bisa saja launching profil media sosial, membangun strategi media sosial, atau menjalankan kampanye iklan media sosial.

Goal mu dapat diukur

Setelah kamu tahu apa yang kamu akan raih, inilah saatnya untuk menentukan bagaimana cara tepatnya kamu akan mengevaluasi apakah kamu sudah sukses atau belum. Misalnya goal-mu yang tidak-SMART adalah mendapatkan pelanggan-pelanggan baru. Goal yang telah direvisi bisa jadi mendapatkan lima pelanggan baru dengan membuat template pitch deck, mendistribusikan 100 flyer di kota yang menjadi target, atau membuat video promosi yang berpotensi viral. Saat goalmu dapat diukur, kamu bisa secara objektif mengatakan apakah kamu sudah sukses atau belum.

Goalmu bisa diraih

Semua orang suka perasaan membuat sebuah goal menjadi kenyataan dan merasa sukses. Kamu tidak mau menentukan goal yang kecil dan mudah diraih, tapi kamu juga tak mau menentukan goal yang terlalu mustahil sehingga kamu pun jadi malas. Tentukan goal seperti Goldilocks – seimbangkanlah goal-goalmu. Kamu akan lebih termotivasi saat kamu menulis goal demi goal. Bila goalmu adalah untuk meraih keuntungan di tahun ini, persempitlah menjadi empat quartal bagian goal yang lebih kecil.

Goalmu ada tenggat waktunya

Berbicara tentang quartal, goal smart mu harus memiliki deadline. Buatlah sebuah timeline kapan kamu harus meraih setiap goal. Bila kamu ingin membuat sebuah website untuk rebrand pada akhir tahun, buatlah langkah-langkah kecil seperti menulis copy dan testing website dan mengatur deadlinenya. Seorang project manager bisa membantumu membuat timeline, termasuk didalamnya deadline dan apa yang harus dihasilkan oleh tiap anggota dari timmu.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat goal SMART, pastikan kamu sendiri masih bertanggungjawab! Ambil waktu satu jam setiap pekan untuk merencanakan apa yang akan kamu raih atau pun akan kamu tambah pada goalmu. Lebih baik lagi bila kamu mencari freelancer yang bisa mengerjakannya secara bersama-sama denganmu jadi kamu bisa mencapai apa pun lebih efektif dan efisien. Win-win solution untuk semua orang!

 

Apabila sobat desain online merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share ke teman dan kerabat ya!

Ditulis oleh Uyo Yahya

Uyo Yahya, INFP yang menghabiskan masa kecil dengan membaca Harry Potter, Eragon, Charlie Bone, Evermore, dan lain-lain. Saat ini bekerja sebagai content writer dan tinggal di kota Yogyakarta.

Artikel Terkait Lainnya

10 Rahasia Sukses Freelancer

10 Rahasia Sukses Freelancer

Amatlah penting untuk freelancer masa depan untuk lebih pintar, mengerti, dan belajar bagaimana cara untuk menonjolkan dirinya dalam kompetisi. Berikut 10 rahasia sukses freelancer.

Lihat Semua

Pin It on Pinterest

Share This