4 Cara Cerdas Manajemen Finansial Sukses

Waktu membaca : 3 menit

“Wealth is the ability to fully experience life.” ~Henry David Thoreau

Memulai bisnis kamu sendiri sebagai freelancer atau wirausaha dapat mengarah pada kebebasan finansial yang kamu impikan. Namun, terkadang uang merupakan salah satu aspek yang paling menantang. Menghasilkannya, menyimpannya, menginvestasikannya kembali dan menumbuhkannya adalah semua hal yang harus dikelola sendiri sebagian besar pengusaha. Jika ini adalah sesuatu yang kamu masih bingung bagaimana caranya, yuk periksa tips dibawah ini =

1. Belanja yang Smart

Berbelanja, itu kejahatan yang diperlukan. Terkadang kita semua perlu berbelanja, bahkan hanya untuk makanan dan kebutuhan pokok. Namun, kita semua tahu betul bagaimana mampir ke supermarket atau butik langganan kamu bisa tiba-tiba berubah menjadi pengeluaran besar. Sejalan pula dengan belanja online, di mana sering muncul promo-promo yang harganya terlalu bagus untuk dilewatkan. Jadi prioritaskan dulu ya sob, mana yang harus dibeli.

2. Buang Pengeluaran Berlebih

Menjadi seorang wirausahawan dan menjadi bos bagi diri kamu sendiri seringkali merupakan posisi yang berkuasa. Semua keputusan ada di tangan kamu, begitu juga buku cek perusahaan. Jika kamu sebuah startup dan tampaknya menghabiskan banyak uang, sekarang saatnya untuk memeriksa dengan cermat kebiasaan kamu dan membuat beberapa pemotongan penting yang dapat menghemat waktu kamu.

3. Menabung Kapan pun dan Dimana pun

Logo adalah elemen penting dari visual perusahaan kamu, dan ada banyak perusahaan yang dapat mengeluarkan banyak uang untuk membuat logo impian mereka dengan sempurna. Mendapatkan logo yang bagus sangat penting, tetapi tidak perlu biaya banyak uang. Membuat keputusan strategis secara finansial, seperti menggunakan jasa Designs Online efektif lho untuk mendapatkan logo bagus dengan harga yang terjangkau.

4. Perketat Pengeluaran

Ketika kamu adalah pemilik dari perusahaan, dana perusahaan ada di tangan Kamu. Kadang-kadang godaan terlalu kuat, dan kamu dapat menggunakan dana tersebut untuk pembelian yang impulsif, dan ini adalah sumber dari malapetaka. Untuk itu buat sistem agar tidak mudah untuk mengambil uang perushaaan untuk kebutuhan pribadi.

Apabila sobat desain online merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share ke teman dan kerabat ya!

Ditulis oleh Denny Yosen

Denny Yosen, sehari-hari sebagai graphic designer dan illustrator, social media specialist yang memiliki hobi nonton dan kuliner.

Artikel Terkait Lainnya

10 Rahasia Sukses Freelancer

10 Rahasia Sukses Freelancer

10 Rahasia Sukses Freelancer Waktu membaca : 2 menit Siapkan dirimu untuk bekerja freelance dengan tips profesional ini Berdasarkan data...

Yuk, boost dan upgrade skill desain kamu dengan ratusan inspirasi artikel Designs Online.

Mari bergabung di komunitas Designs Online dan dapatkan sumber inspirasi dan peluang menjadi desainer yang sukses.

Terima kasih sudah bergabung di komunitas Designs Online!

Pin It on Pinterest

Share This