Keuntungan Introvert Sebagai Tenaga Penjual

Waktu membaca : 3 menit

Meskipun terlihat pendiam, tapi sang Introvert biasanya orang yang kreatif dan pengamat loh, mereka juga punya kemampuan menjual yang mumpuni.

Setiap produk memiliki caranya sendiri agar sukses terjual, produk teknis atau kompleks contohnya cocok dipasarkan oleh seseorang dengan pola pikir konsultan (bukan pemburu.

Pola pikir konsultatif, mendengarkan dan memahami secara teknis setiap persoalan ini merupakan sifat bawaan dari seorang Introvert. Oleh karena itu seorang Introvert sangat selektif dalam memilih produk yang akan dipasarkannya.

Kok bisa seperti itu? Karena ketika suatu produk semakin kompleks, mereka dapat menganalisa konsumen siapa yang tepat yang ingin membelinya. Mereka dapat menjadi pendengar yang baik. Seorang Introvert secara spontan mendapatkan keuntungan besar dibandingkan dengan seseorang yang tidak tahu caranya kapan harus diam.

Berikut adalah 3 keuntungan spesifik dari Introvert dibandingkan dengan Ekstrovert dalam penjualan kompleks =

1. Introvert adalah pendengar yang baik

Seorang Introvert tidak suka beragumen banyak sehingga sifat kunci inilah yang membentuk kepercayaan dan kredibilitas dalam penjualan yang kompleks.

2. Introvert adalah pemikir yang detail

Seorang Introvert tidak mengambil kesimpulan yang cepat akan suatu masalah, tetapi mereka memikirkan secara mendalam dan berfokus menemukan solusi yang tepat bagi konsumen. Hal ini membutuhkan waktu sehingga konsumen akan lebih menghargai akan perhatian seorang Introvert akan detail, dan ini lah daya tarik sehingga konsumen percaya dan ingin membeli lagi.

3. Introvert ahli strategi

Dengan keahliannya dalam manajemen waktu dan wilayah serta analisis situasi ataupun solusi kreatif inilah keuntungan alami dari seorang introvert.

Apabila sobat desain online merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share ke teman dan kerabat ya!

Ditulis oleh Denny Yosen

Denny Yosen, sehari-hari sebagai graphic designer dan illustrator, social media specialist yang memiliki hobi nonton dan kuliner.

Artikel Terkait Lainnya