Cara Menulis Email Terima Kasih Kepada Klien yang Baik

Jan 18, 2023 | Dunia Kerja

Saat pelanggan membeli produk atau layanan dari kamu, kamu harus segera mengucapkan terima kasih, dan cara mudah melakukan ini ialah dengan menulis email terima kasih kepada pelanggan.

Jenis email ini membuat pelanggan kamu akan merasa diperhatikan dan dihargai. Siapa tahu, karena ini dia akan kembali menggunakan produk atau jasa kamu lagi.

Menurut Copper, 20% pelanggan atau klien perusahaan bertanggung jawab atas 80% keuntungan perusahaan di masa depan. Jadi di bawah ini kita akan belajar bagaimana menulis email terima kasih kepada klien!

 

Menulis Email Terima Kasih Kepada Klien

1. Gunakan subjek yang sesuai
Baris subjek adalah hal pertama yang diperhatikan pelanggan sebelum membuka ucapan terima kasih. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat baris subjek email yang dapat langsung menarik perhatian pelanggan kamu.

Selain itu, subjek email yang ditulis juga harus mengandung kalimat positif dan jelas saat dibaca.

Kamu dapat menggunakan beberapa contoh subjek email, misalnya:

  • Terima kasih atas bisnis Anda…
  • Sebuah pesan untuk pelanggan kami yang berharga…
  • Pelanggan yang terhormat. Terima kasih atas kepercayaan Anda…
  • Terima kasih pesan untuk pelanggan kami yang terkasih…

2. Ucapkan terima kasih dan apresiasi
Seperti subjek email, isi email harus positif.
Kamu bisa memulainya dengan mengucapkan terima kasih dan mengatakan bahwa kamu sangat menghargai transaksi yang terjadi.

Jangan lupa untuk menambahkan nama lengkap atau nama depan pelanggan untuk mempersonalisasi interaksi kamu.

Menurut Outgrow, personalisasi dapat meningkatkan penjualan hingga 56%.

Misalnya, kamu dapat menggunakan frasa “Terima kasih, Tuan/Ibu X. Kami senang (Nama pelanggan kamu) dapat berbisnis dengan kami.”

3. Tuliskan harapan untuk bertransaksi kembali
Meskipun hanya ucapan terima kasih, email terima kasih yang dikirim ke pelanggan juga bisa menjadi peluang besar bagi pelanggan untuk berbisnis dengan kamu lagi.

Selain menarik pelanggan berulang, kamu juga dapat meningkatkan brand awareness untuk bisnis kamu.

Misalnya, Anda dapat menulis kalimat:
“Kami berterima kasih banyak atas dukungan Anda. Kami percaya bahwa perusahaan (nama penggan kamu) akan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan perusahaan kami di masa depan.”

4. Tutup dengan sopan
Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menutup email dengan sopan.
Menurut Automizy, menutup email membuat pelanggan kamu merasa nyaman dengan apa yang mereka lakukan.

Jadi saat menyatukan sisanya, tidak ada salahnya untuk mengucapkan terima kasih lagi kepada pelanggan.

Kemudian tutup email tersebut dengan salam yang sopan dan detail kontak perusahaan atau perusahaan kamu.

Contoh Email Terima Kasih Kepada Klien

1. Dalam bahasa Indonesia
Berikut contoh email terima kasih kepada klien dalam bahasa Indonesia:

Subject email: Kami berterima kasih atas transaksi Anda

Yang terhormat, Bpk./Bu. X

Terima kasih atas transaksi yang telah Anda lakukan. Kami sangat senang Bpk./Ibu. dapat menggunakan jasa dari perusahaan kami. Kami percaya transaksi ini akan berdampak besar pada perkembangan bisnis kami ke depannya.

Semoga Bpk./Ibu. senang dengan layanan kami. Kami akan sangat bahagia jika Bpk./ibu. berkenan untuk kembali menggunakan layanan kami di kemudian hari.

Jika Anda memiliki masukan atau saran, jangan sungkan untuk segera menghubungi kami. Terima kasih sekali lagi kami ucapkan.

Salam,
PT. ABCD
Jakarta Selatan
pt.abcd@email.com
(+62) 21 xxxxxxxx

2. Dalam bahasa Inggris
Berikut contoh email terima kasih kepada klien dalam bahasa Inggris:

Subject email: A thank you message to our dear client

Dear, Mr./Ms. X

We would like to express a big gratitude for your transaction. We are grateful that you choose to use our company’s service. Your transaction will be beneficial to our business development.

Hopefully you are happy with our services. We look forward to your next transaction in the near future.

If you have any suggestions on our service, please let us know. Thank you again once again.

Best Regards,
PT. ABCD
Jakarta Selatan
pt.abcd@email.com
(+62) 21 xxxxxxxx
Bisa disimpulkan bahwa pesan ucapan terima kasih merupakan komponen krusial buat menunjang usaha ke depannya.

Namun, hal ini hanyalah satu dari banyak hal yang perlu kamu pelajari & lakukan.

Nah, kamu mampu mendapatkan ragam fakta seputar tips & trik usaha lainnya pada Designs Online Blog lho.

More From This Category

Cara Membuat Goal dan Resolusi Tahun Baru yang SMART

Cara Membuat Goal dan Resolusi Tahun Baru yang SMART

Biasanya tahun baru identik dengan evaluasi, semangat baru, hingga membuat resolusi tahun baru. Resolusi tahun baru selalu menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan karena dengan begitu Anda jadi merefleksikan apa yang sudah Anda kerjakan selama setahun dan apa yang ingin Anda capai di tahun-tahun berikutnya. Ternyata ada cara SMART untuk membuat resolusi tahun baru lho. Yuk mari kita simak!

read more
Copyright © 2023 Designs Online